RPP BERDIFERENSIASI

 

RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN

                                Nama Sekolah      : Hotmatua Siregar CGP Kab. Tapanuli Selatan
                                Mata Pelajaran     :  Bahasa Inggris
                                Kelas/Semester    : X/2
                                Sub Materi Pokok :  Teks Khusus dalam Bentuk Teks Recount dengan membedakan Fungsi                                                                           Sosial, Struktur Teks dan Unsur Kebahasan secara Lisan da Tulisan.
                               Tahun Pelajaran      : 2022
                               Alokasi Waktu          : 8 X 45 Minit
 

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah melakukan kegiatan melalui Discovery  Learning Siswa diharapkan  dapat :

a.      Membedakan fungsi sosial, structure teks, dan Unsur Kebahasaan beberapa Teks Recount (History) secara Lisan dan Tulisan dengan meminta dan memberi informasi terkait Peristiwa bersejarah serta memilki Sikap Toleransi, Kerja sama, Santun dan Peduli.

b.      Menangkap Makna secara Kontekstual fungsi sosial, structure teks, dan Unsur Kebahasaan beberapa Teks Recount (History) secara Lisan dan Tulisan dengan meminta dan memberi informasi terkait Peristiwa bersejarah serta memilki Sikap Toleransi, Kerja sama, Santun dan Peduli.

c.       Menyusun teks Recount Lisan dan Tilis, pendek dan Sederhana, terkait Peristiwa bersejarah, dengan memperhatikan  fungsi sosial, structure teks, dan Unsur Kebahasaan beberapa Teks Recount (History) dengan memiliki Sikap Toleransi, Kerja sama, Santun dan Peduli.

d.     Menjelaskan fungsi sosial, structure teks, dan Unsur Kebahasaan beberapa Teks Recount (History) secara Lisan dan Tulisan dengan meminta dan memberi informasi terkait Peristiwa bersejarah serta memilki Sikap Toleransi, Kerja sama, Santun dan Peduli.

B. Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan (20 Minit)

Sehari sebelum pembelajaran di mulai, guru melakukan pemetaan sederhana terhadap Minat Siswa dalam belajar dan profil belajara siswa. Pemetaan ini dilakukan melalui what apps, dengan memberikan menlist Nama nama Siswa dalam kelompok Minat dan Profil Belajarnya. Tujuannya adalah untuk mengetahui minat dari masing masing siswa dalam belajara dan gaya belajar mereka. Sehinggan akan lebih mudah memberikan materi dan penugasan kepada siswa.

Melalui google classroom, Guru Mengucapkan salam, berdoa, cek kehadiran seterisnya Kegiatan Apersepsi dengan menampilkan teks Recount dengan meminta dan memberi informasi Terkait (Event of History), serta menyampaikan Tujuan Pembelajaran, cakupan materi, langkah pembelajaran dan tehnik penilaian.  

 

C. Kegiatana Inti (60 Minit)

Pertemuan ke-1

1. Stimulation/ Pemberian Stimulasi (Disferensiasi Contents)

ü Memperhatikan teks dalam bentuk Recount Text dengan meminta dan memberi informasi terkait History (Readness/Mengamatai).

ü Memberika Pertanyaan terkait Teks yang di tampilkan melalui google classroom dan WA yang dilihatnya. (Readnees)

 

2. Problem Statement/ Identifikasi Masalah (Diferensiasi Proses)

ü Membentuk Kelompok yang terdiri dari 5 Kelompok,  siswa memperhatikan dan membaca teks dalam bentuk Recount dengan memberi dan meminta informasi terkait History. (Melakukan Stop)

ü Menelaah teks khusus dalam bentuk Recount dengan memberi dan meminta informasi terkait History.

3. Data Collecting/ Mengumpulkan Data

ü Bersama dengan Kelompok mencoba mengumpulkan informasi tentang teks Recount dengan memberi dan meminta informasi terkait History yang ditemuakan di google classroom.

ü Mencari arti kata yang sulit dari Teks Recount dengan memberi dan meminta informasi terkait History dengan kamus baik bentuk buku dan Aplikasi translator.

ü Menangkap Makna isi Teks Recount dengan meminta dan memberi informasi terkait History yag ada di google classroom.

4. Data Processing/ Mengolah Data (Diferensiasi)

ü Bersama dengan Kelompoknya , peserta Didik menjelaskan dan membedakan  Struktur Teks dalam bentuk Recount Teks, dengan meminta dan Memebri Informasi terkait History.

ü Bersama dengan Kelompoknya, Peserta Didik Menjelaskan dan mebedakan  unsur Kebahasaan dan fungsi Sosial bentuk teks Recount dengan memberi dan meminta Informasi terkait History

ü Menyusun teks khusus dalam bentuk Recount teks dengan memberi dan meminta informasi terkait History, yang disesuaikan dengan Minat Belajar peserta Didik, dengan menuliskannya di buku catatan kemudian masing masing siswa perkelompok dapat mengumpulkannya kedalam google classroom dan wa.  

ü Mempersentasekan hasil Temuan teks  bentuk Recount dengan memberi dan meminta informasi terkait History jelaskan dan membedakan adalah bentuk teks yang disuaki peserta Didik dalam bentuk Vidio dan Tulisan didalam Catatan kemudian hasilnya difoto dan dikirimkan ke Google Classroom.

 

D. Kegiatan Penutup

Membuay Simpulan, umpan balik, Penugasan bentuk teks Recount dengan memberi dan meminta  informasi terkait history dan menyampaikan Informasi tentang kegiatan pembelajaran yang akan datang dan meminta masukan tentang Kepuasan Pembelajaran yang berlangsung, berdoa.

E. Penilaian

ü Penilaian Sikap : Observasi

ü Pengetahuan    : diberikan secara Test dengan essay

ü Keterampilan    : hasil Tulisan teks Recount

 

 

Tapanuli Selatan, 16 Pebruari 2022

Mengetahui

Kepala SMA N.1 Angkola Selatan                                      Guru Mata Pelajaran

 

 

 

DRS. M TAUFIK HIDAYAH                                                    HOTMATUA SIREGAR, S.Pd

NIP.196608011994121001                                                 NIP. 198007022014071001

  

 I. Penilaian Sikap

Strategi :Observasi

Alat Penilaian : Catatan

Penilaian Observasi berdasarkan pengamatan Sikap dan Prilaku  pesrta Didik sehari hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh, berikut Penilaian Sikap.

 

No

 

Nama Siswa

Aspek Prilaku yang di Nilai

Jumlah Skor

Skor Sikap

Kode Nilai

T

S

KS

P

 

 

 

1

Amelisa putri siregar

75

75

60

80

290

72,5

B

2

Basar Siregar

3

Duma Presti

4

Lomsary

5

waliman

6

Halimatussahdiya

 

Keterangan :

T : Toleransi

S   : Santun

KS  : Kerja Sama

P : Peduli

Catatan :

Aspek Perilaku di Nilai dengan Kriteria :

100 : Sangat Baik

   61 - 80 : Baik

   41 - 60 : Cukup

   20 - 40 : Kurang

Skor Maksimal = Jumlah sikap yang dinilai dikalikan Jumlah Kriteria ; 100X4= 400

Skor Sikap = Jumlah Skor Dibagi Jumlah Sikap yang dinilai = 290 : 4 = 72,5

 

I. Penilaian Pengetahuan

Dilakukan dengan memberikan tes secara Tulisan dengan Model Isian 10 Soal dengan Skor tertimggi 40 dengan Pembagian benar 1 Skor 4 Jumlahnya menjadi 10X4 = 40

Kriteria Penilaian Sebagai Berikut

90 - 100 = Sangat Baik

82 - 91 = Baik

72 - 81 = Cukup

62 - 71 = Kurang

Format Penilaian Pengetahuan

No

Nama Siswa

Jlh Skor

Nilai

Keterangan

Predikat

1

Amelisa putri siregar

28

70

Tidak Tuntas

K

2

Basar Siregar

32

80

Tuntas

C

3

Duma Presti

4

Lomsary

5

waliman

6

Halimatussahdiya

 

III. Penilaian Keterampilan

Bentuk Penilaian : Berdasarkan hasil Diskusi Produk/Laporan dan Hasil Persentase bentuk Vidio.

Kriteria Yang di Nilai :

Tercapai

Berkembang

Bari Mulai Terlihat

Kriteria Ketercapaian diantaranya :

100 : Sangat Baik

61 - 80 : Baik

41 - 60 : Cukup

20 - 40 : Kurang

No

Nama Kelompok

Nilai

Kriteria

Keterangan

1

Kelompok 1

40

Belum Memenuhi syarat

Tidak Terlaksana dengan Baik

2

Kelompok 2

60

Baru Mulai Terlihat

Terlaksana akan tetapi masik banyak Perbaikan

3

Kelompok 3

82

Berkembang

Sudah Baik tapi Masih ada Perbaikan

4

Kelompok 4

92

Tercapai

Sesuai dengan Tujuan Pembelajaran

5

Kelompok 5

94

Tercapai

Sesuai Dengan Tujuan Pembelajaran


Komentar

Postingan populer dari blog ini