RPP BERDIFERENSIASI
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : Hotmatua Siregar CGP Kab. Tapanuli Selatan
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X/2
Sub Materi Pokok : Teks Khusus dalam Bentuk Teks Recount dengan membedakan Fungsi Sosial, Struktur Teks dan Unsur Kebahasan secara Lisan da Tulisan.
Tahun Pelajaran : 2022
Alokasi Waktu : 8 X 45 Minit
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melakukan kegiatan melalui Discovery Learning Siswa diharapkan dapat :
a. Membedakan fungsi sosial, structure teks, dan Unsur Kebahasaan beberapa Teks Recount (History) secara Lisan dan Tulisan dengan meminta dan memberi informasi terkait Peristiwa bersejarah serta memilki Sikap Toleransi, Kerja sama, Santun dan Peduli.
b. Menangkap Makna secara Kontekstual fungsi sosial, structure teks, dan Unsur Kebahasaan beberapa Teks Recount (History) secara Lisan dan Tulisan dengan meminta dan memberi informasi terkait Peristiwa bersejarah serta memilki Sikap Toleransi, Kerja sama, Santun dan Peduli.
c. Menyusun teks Recount Lisan dan Tilis, pendek dan Sederhana, terkait Peristiwa bersejarah, dengan memperhatikan fungsi sosial, structure teks, dan Unsur Kebahasaan beberapa Teks Recount (History) dengan memiliki Sikap Toleransi, Kerja sama, Santun dan Peduli.
d. Menjelaskan fungsi sosial, structure teks, dan Unsur Kebahasaan beberapa Teks Recount (History) secara Lisan dan Tulisan dengan meminta dan memberi informasi terkait Peristiwa bersejarah serta memilki Sikap Toleransi, Kerja sama, Santun dan Peduli.
B. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (20 Minit)
v Sehari sebelum pembelajaran di mulai, guru melakukan pemetaan sederhana terhadap Minat Siswa dalam belajar dan profil belajara siswa. Pemetaan ini dilakukan melalui what apps, dengan memberikan menlist Nama nama Siswa dalam kelompok Minat dan Profil Belajarnya. Tujuannya adalah untuk mengetahui minat dari masing masing siswa dalam belajara dan gaya belajar mereka. Sehinggan akan lebih mudah memberikan materi dan penugasan kepada siswa.
v Melalui google classroom, Guru Mengucapkan salam, berdoa, cek kehadiran seterisnya Kegiatan Apersepsi dengan menampilkan teks Recount dengan meminta dan memberi informasi Terkait (Event of History), serta menyampaikan Tujuan Pembelajaran, cakupan materi, langkah pembelajaran dan tehnik penilaian.
C. Kegiatana Inti (60 Minit)
Pertemuan ke-1
1. Stimulation/ Pemberian Stimulasi (Disferensiasi Contents)
ü Memperhatikan teks dalam bentuk Recount Text dengan meminta dan memberi informasi terkait History (Readness/Mengamatai).
ü Memberika Pertanyaan terkait Teks yang di tampilkan melalui google classroom dan WA yang dilihatnya. (Readnees)
2. Problem Statement/ Identifikasi Masalah (Diferensiasi Proses)
ü Membentuk Kelompok yang terdiri dari 5 Kelompok, siswa memperhatikan dan membaca teks dalam bentuk Recount dengan memberi dan meminta informasi terkait History. (Melakukan Stop)
ü Menelaah teks khusus dalam bentuk Recount dengan memberi dan meminta informasi terkait History.
3. Data Collecting/ Mengumpulkan Data
ü Bersama dengan Kelompok mencoba mengumpulkan informasi tentang teks Recount dengan memberi dan meminta informasi terkait History yang ditemuakan di google classroom.
ü Mencari arti kata yang sulit dari Teks Recount dengan memberi dan meminta informasi terkait History dengan kamus baik bentuk buku dan Aplikasi translator.
ü Menangkap Makna isi Teks Recount dengan meminta dan memberi informasi terkait History yag ada di google classroom.
4. Data Processing/ Mengolah Data (Diferensiasi)
ü Bersama dengan Kelompoknya , peserta Didik menjelaskan dan membedakan Struktur Teks dalam bentuk Recount Teks, dengan meminta dan Memebri Informasi terkait History.
ü Bersama dengan Kelompoknya, Peserta Didik Menjelaskan dan mebedakan unsur Kebahasaan dan fungsi Sosial bentuk teks Recount dengan memberi dan meminta Informasi terkait History
ü Menyusun teks khusus dalam bentuk Recount teks dengan memberi dan meminta informasi terkait History, yang disesuaikan dengan Minat Belajar peserta Didik, dengan menuliskannya di buku catatan kemudian masing masing siswa perkelompok dapat mengumpulkannya kedalam google classroom dan wa.
ü Mempersentasekan hasil Temuan teks bentuk Recount dengan memberi dan meminta informasi terkait History jelaskan dan membedakan adalah bentuk teks yang disuaki peserta Didik dalam bentuk Vidio dan Tulisan didalam Catatan kemudian hasilnya difoto dan dikirimkan ke Google Classroom.
D. Kegiatan Penutup
Membuay Simpulan, umpan balik, Penugasan bentuk teks Recount dengan memberi dan meminta informasi terkait history dan menyampaikan Informasi tentang kegiatan pembelajaran yang akan datang dan meminta masukan tentang Kepuasan Pembelajaran yang berlangsung, berdoa.
E. Penilaian
ü Penilaian Sikap : Observasi
ü Pengetahuan : diberikan secara Test dengan essay
ü Keterampilan : hasil Tulisan teks Recount
Tapanuli Selatan, 16 Pebruari 2022
Mengetahui
Kepala SMA N.1 Angkola Selatan Guru Mata Pelajaran
DRS. M TAUFIK HIDAYAH HOTMATUA SIREGAR, S.Pd
NIP.196608011994121001 NIP. 198007022014071001
I. Penilaian Sikap
Strategi :Observasi
Alat Penilaian : Catatan
Penilaian Observasi berdasarkan pengamatan Sikap dan Prilaku pesrta Didik sehari hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh, berikut Penilaian Sikap.
No |
Nama Siswa | Aspek Prilaku yang di Nilai | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai | |||
T | S | KS | P |
|
|
| ||
1 | Amelisa putri siregar | 75 | 75 | 60 | 80 | 290 | 72,5 | B |
2 | Basar Siregar | … | … | … | … | … | … | … |
3 | Duma Presti | … | … | … | … | … | … | … |
4 | Lomsary | … | … | … | … | … | … | … |
5 | waliman | … | … | … | … | … | … | … |
6 | Halimatussahdiya | … | … | … | … | … | … | … |
Keterangan :
T : Toleransi
S : Santun
KS : Kerja Sama
P : Peduli
Catatan :
Aspek Perilaku di Nilai dengan Kriteria :
100 : Sangat Baik
61 - 80 : Baik
41 - 60 : Cukup
20 - 40 : Kurang
Skor Maksimal = Jumlah sikap yang dinilai dikalikan Jumlah Kriteria ; 100X4= 400
Skor Sikap = Jumlah Skor Dibagi Jumlah Sikap yang dinilai = 290 : 4 = 72,5
I. Penilaian Pengetahuan
Dilakukan dengan memberikan tes secara Tulisan dengan Model Isian 10 Soal dengan Skor tertimggi 40 dengan Pembagian benar 1 Skor 4 Jumlahnya menjadi 10X4 = 40
Kriteria Penilaian Sebagai Berikut
90 - 100 = Sangat Baik
82 - 91 = Baik
72 - 81 = Cukup
62 - 71 = Kurang
Format Penilaian Pengetahuan
No | Nama Siswa | Jlh Skor | Nilai | Keterangan | Predikat |
1 | Amelisa putri siregar | 28 | 70 | Tidak Tuntas | K |
2 | Basar Siregar | 32 | 80 | Tuntas | C |
3 | Duma Presti | … | … | … | … |
4 | Lomsary | … | … | … | … |
5 | waliman | … | … | … | … |
6 | Halimatussahdiya | … | … | … | … |
III. Penilaian Keterampilan
Bentuk Penilaian : Berdasarkan hasil Diskusi Produk/Laporan dan Hasil Persentase bentuk Vidio.
Kriteria Yang di Nilai :
Tercapai
Berkembang
Bari Mulai Terlihat
Kriteria Ketercapaian diantaranya :
100 : Sangat Baik
61 - 80 : Baik
41 - 60 : Cukup
20 - 40 : Kurang
No | Nama Kelompok | Nilai | Kriteria | Keterangan |
1 | Kelompok 1 | 40 | Belum Memenuhi syarat | Tidak Terlaksana dengan Baik |
2 | Kelompok 2 | 60 | Baru Mulai Terlihat | Terlaksana akan tetapi masik banyak Perbaikan |
3 | Kelompok 3 | 82 | Berkembang | Sudah Baik tapi Masih ada Perbaikan |
4 | Kelompok 4 | 92 | Tercapai | Sesuai dengan Tujuan Pembelajaran |
5 | Kelompok 5 | 94 | Tercapai | Sesuai Dengan Tujuan Pembelajaran |
Komentar
Posting Komentar